0

Karbohidrat dalam Suplemen Anda

Posted by Rian Bahtiar on 02.57


Karbohidrat“Jangan gunakan suplemen yang ada karbonya, gunakan yang kandungan mayoritasnya protein” ujar seorang teman di gym. Mungkin Anda juga sering mendengar nasihat seperti ini ketika Anda memilih asupan nutrisi untuk otot Anda. Sesungguhnya apakah betul nasihat untuk tidak menggunakan asupan nutrisi yang tanpa karbohidrat? Telusuri fakta dibawah ini, dan temukan sendiri jawabannya.
Karbohidrat sebelum berolah raga
Selama melakukan ativitas berolah raga, tubuh Anda akan menghabiskan sumber tenaga utama dalam tubuh, yaitu karbohidrat. Karbohidrat dalam tubuh Anda didapat dalam bentuk glikogen yang disimpan di dalam otot. Seiring dengan habisnya glikogen otot, sumber-sumber energi lain pun mulai digunakan. Berita baiknya, Anda akan membakar lemak menjadi sumber energy, tapi berita buruknya, Anda bisa jadi mengurai otot, yang selama ini sudah dengan susah payah Anda pahat. Tidak menyenangkan bukan?
Konsumsi nutrisi otot dengan kombinasi karbohidrat dan protein sebelum berolah raga, mensuplai cukup glikogen untuk latihan Anda, serta memberi asupan protein guna mencegah penguraian otot selama latihan.
Karbohidrat setelah berolah raga
Latihan beban tidak hanya membentuk otot, namun juga mengurai otot Anda. Penelitian yang dilakukan oleh Biolo et al. (1995) menyatakan bahwa kecepatan sintesis protein mencapai 108% sedangkan pemecahan protein otot mencapai 51% setelah melakukan latihan resistance1, sehingga tetap terjadi pembentukan otot karena pembentukannya lebih besar daripada pemecahan yang terjadi.
Konsumsi karbohidrat setelah berolahraga akan membantu menggantikan glikogen otot yang hilang2 dan juga menaikkan hormon insulin Anda. Insulin akan meningkatkan kecepatan sintesis protein otot3-5 membantu proses transportasi asam amino ke dalam jaringan otot Anda5-7, dan menurunkan tingkat pemecahan protein otot. Dengan asupan protein yang tinggi dan karbohidrat yang cukup dari asupan nutrisi Anda setelah latihan, hasil Anda akan semakin maksimal.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Rian Bahtiar Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.